Minggu, 09 Juni 2013

Mengucapkan Salam Kepada yang Tak Dikenal, Sunnah yang Terlupakan

Mengucapkan Salam Kepada yang Tak Dikenal, Sunnah yang Terlupakan

Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala, shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Rasul-Nya, para keluarga, sahabat, dan umatnya yang selalu istiqomah hingga hari akhir.

Di antara sunnah atau ajaran Islam yang mulai ditinggalkan oleh banyak kaum muslimin, bahkan juga para tholibul ‘ilmi, adalah mengucapkan salam. Mengucapkan salam yang bagaimana?,Yaitu mengucapkan salam kepada saudara kaum muslimin lain yang tidak dikenal.  Jika kita mengucapkan salam kepada yang sudah kita kenal itu adalah hal yang biasa kita lakukan, akan tetapi mengucapkan salam kepada orang yang tidak kita kenal merupakan hal yang sudah jarang kita lakukan. Padahal ini merupakan ajaran dan anjuran dari Nabi kita Muhammadshallallahu ‘alayhi wa sallam.

sebagaimana terdapat di dalam sebuah hadits yang shahih,

عن عبد الله بن عمرو رضي الله عنهما أن رجلاً سأل النبي صلى الله عليه وسلم : أي الإسلام خير ؟ قال تطعم الطعام وتقرأ السلام على من عرفت ومن لم تعرفDari Abdullah bin Amr radhiallahu ‘anhu, bahwasannya seseorang bertanya kepada RasulullahShallallahu ‘alaihi wa sallam: “Apakah amalan yang paling baik didalam Islam?” RasulullahShallallahu ‘alaihi wa sallammenjawab: “Memberi makan, mengucapkan salam kepada orang yang dikenal maupun yang tidak dikenal. (H.R Bukhari dan Muslim)

Dan juga dalam Musnad Imam Ahmad terdapat hadits yang diriwayatkan dariIbnu Mas’ud bahwasannya beliau berkata:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إن من أشراط الساعة إذا كانت التحية على المعرفة .وفي رواية أن يسلَّم الرجل على الرجل، لا يسلم عليه إلا للمعرفةRasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “ Sesungguhnya diantara tanda-tanda hari kiamat adalah jika ucapan salam disampaikan hanya terhadap orang yang dikenalnya saja”. Dan dalam riwayat yang lain disebutkan: “Seseorang mengucapkan salam kepada seseorang lainnya, dan tidaklah ia mengucapkan salam itu kecuali hanya kepada orang yang dikenalnya saja”. (H.R Bukhari dan Muslim)

Dan masa itu kini telah datang, dimana seorang muslim hanya mengucapkan salam kepada orang yang di kenalnya saja. Maka dari itu, mari kita hidupkan kembali perkara yang mudah dilakukan dari Sunnah-sunnah Nabi yang sudah mulai asing ini, kita biasakan diri kita dengan mengucapkan salam kepada siapa saja dari kaum muslimin yang kita temui. cukup dengan kita mengucapkan “Assalaamu’alaykum”, atau “Assalaamu’alaykum wa Rahmatullah” dan yang semisalnya kepada orang yang tampak darinya sebagai orang islam, maka kita telah menghidupkan ajaran Nabi yang sudah mulai hilang di tengah masyarakat.

mudah-mudahan Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan taufik dan hidayahnya kepada kita.

artikel: pemudamuslim.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar